Rabu, 12 Oktober 2011

Sepenggal kisah hidupku


Dahulu, sebelum kelas 2 SMP, saya amat takut menghidupkan komputer. Karena saya takut bila komputer orang lain yang dipakai itu rusak. Namun ketakutan itu berangsur menghilang semenjak seorang kerabat ayah (terima kasih Mbah Bagiono Jokosumbogo) saya memberikan kami komputer pentium 120 MHz, RAM 16 MB, 1,2 GB HD. Kala itu hati saya sangat senang, karena saya dapat menghidupkan komputer tanpa takut rusak.
Setelah komputer itu menyala, saya bertanya pada ayah saya: ini apa ya? “keyboard” jawabnya, ini apa yah? “monitor” jawabnya. Kemudian saya pun klik-klik sana-sini dengan alat aneh yang bernama mouse. Beberapa minggu berlalu, ayah saya memperhatikan kecenderungan saya bermain komputer tua itu. Kemudian ayah saya memberikan saya sebuah buku ” Menjadi Mahir Tanpa Guru, Visual Basic 6.0″, (penulisnya saya lupa, terbitan Elexmedia).

Ketika mendapatkan buku ttg Visual Basic tersebut, saya amat bingung, untuk apa pemrograman itu? saya baca, kemudian saya ikuti petunjuk yang ada di buku itu, tapi yang saya temukan di komputer adalah sebuah kebingungan: “Kok gak ada ‘Visual Basic 6.0′ di Start -> Programs -> Menu?”. Saya pun protes ke ayah saya… Kemudian saya dibawa ayah saya ke sebuah toko-toko CD di Mall Mangga 2. Cari-cari CD tentang VB 6, setelah dapat pulanglah saya.. Namun perjuangan untuk belajar pemrograman begitu berat…
Sampai di rumah, saya coba jalankan CD “Learning VB 6″ yang dibeli itu. Karena terlalu bodohnya saya, bukannya beli CD instalasi VB6, malah beli CD Learning VB 6. hiks >.<… minggu berikutnya kami kembali lagi ke Mall Mangga 2 membeli program VB 6. Semenjak kelas 2 SMP itu saya belajar VB 6 dengan komputer pentium 120 MHz, RAM 16 MB, 1,2 GB HD.
Dengan komputer seperti itu, saya bisa sambil membuat teh ketika membuka aplikasi VB 6.0, hehehe. Waktu terus berjalan, saya tetap belajar pemrograman. Dulu saya meminta uang untuk membeli buku2 ttg pemrograman pada ayah saya setiap bulannya. Hingga kelas 1 SMA semester 2, saya ditawari menjadi Admin Web di NOC WAN Kota Tangerang.
Sejak kelas 1 SMA itulah saya mulai mengenal teknologi internet. Di NOC WAN Tangerang itu, saya diracuni dengan buku-buku linux, pemrograman web, php, javascript, mysql, dlsb. Namun buku-buku itu tidak dapat saya telan semua. Saya mulai belajar pemrograman web dengan menginstall PHPNuke. Saya pun mulai membongkar PHPNuke, kemudian menirunya.
Suatu ketika di kelas 2 SMA, seorang guru SMA saya menantang saya untuk membuatkan web sekolah. Dengan bekal pengetahuan yang ada, saya sedikit meniru pola PHPNuke, kemudian membangun web sekolah SMA Negeri 5 Kota tangerang (dulu alamatnya www.sma5-tangerang.net), namun setelah sekian lama dan pergantian kepsek, web tersebut tidak terurus dan mati (namun kini orang lain ada yang membuatnya lagi). Setelah web tersebut jadi, ayah saya cukup kaget, tak menyangka saya bisa membuat web (saya pun juga tak menyangka!). Di kelas 2 SMA itu pula, ayah saya mempromosikan saya pada kenalan2 kepala sekolah di banten. Dari prototype web sekolah tersebut, saya kembangkan menjadi Web Sekolah Arsisoft, beberapa di antaranya: www.sman2ks.net , www.sma7-tangerang.net , www.smanduta.net , www.iti-ins.com .
Semenjak kelas 2 SMA itulah Allah memberikan kemudahan kepada saya untuk mendapatkan uang saku. Ketika itu pula, saya diamanahkan oleh kepala subdin dikmenti untuk membuat web sub dinas pendidikan menengah tinggi (subdin dikmenti) banten, yang kemudian menjadi web pertama jaringan inovasi pendidikan dengan alamat www.bantencerdas.net (sayang, terjadi mutasi pejabat, web tersebut sekarang mati namun saya tetap memelihara domain bantencerdas.net itu). Semenjak pembuatan web www.bantencerdas.net tersebut, cukup banyak kepala sekolah di banten yang meminta saya membuatkan web sekolahnya.
Selama sekolah di SMA, saya mendapatkan beberapa kali penawaran pembuatan web sekolah. Dari situlah saya mengumpulkan uang untuk biaya kuliah di UAI.
kini, kepala subdin dikmenti tersebut menjadi kepala dinas perindustrian dan perdagangan provinsi banten, akhir tahun lalu saya diberikan project pembuatan web dinas perindustrian www.perindag-banten.org. Alhamdulillah awal tahun 2009, saya dan ayah saya membentuk CV. Arsi Web Media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar